PENYEBAB PointBlank (PB) LAG

QITA internet & Game Oneline tulang bawang, unit 2.
Point Blank adalah game online yang sedang digemari anak-anak sampai orang dewasa, saat ini mungkin bisa dibilang “warnet kalau gak ada PB gak rame” .
banyak warnet yang memasang gambar PB tapi saat customer dateng main bentar pingnya merah terus… T_T bikin malu aja, harusnya bisa “dewa” main diroom tapi gara-gara ping merah jadi bikin emosi.
selama saya mengelola warnet banyak hal yang ditemui yang menjadi PENYEBAB LAG nya PB.

Dari Komputer Clientnya

Ram Minimal 1GB , recomendednya 1,5 GB ( efeknya adalah loading yang lama kalau ramnya kurang gede, saat komputer tiba2 bekerja keras PB akan terasa ngadat)

komputer dual core/setara ram 1,5 recommended, komputer core 2 duo / amd yang setara ram1GB cukup.

VGA 256MB untuk komputer COre 2 duo / yang setara, VGA 512 kalau pakai procesor dual core

walaupun ping HIJAU kalau komputer spek kurang memadai tetap saja terjadi LAG

Koneksinya

jika semua spek komputer terpenuhi, Koneksi benar2 menentukan. PB adalah game yang tidak membutuhkan koneksi besar tapi butuh yang stabil

UP 40kb DOWN 80kb itu sudah cukup kalau koneksi stabil .

Koneksi menjadi tidak stabil karena dalam satu warnet “rebutan” bandwith antar client, terutama warnet yang tidak tidak dipasangi pembatas bandwith.

sudah dipasangi pembatas bandwith, tapi dalam satu komputer jatah bandwith terpakai semua, misal : antivirus secara otomatis update, atau aplikasi lain browser, java, atau flash player tiba2 melakukan update.

masih banyak hal lain yang menjadi penyebab terjadinya LAG, tapi jika hal-hal diatas itu bisa diatasi InsyaALLAH akan sangat jarang sekali bahkan tidak terjadi LAG pada PB.
sekedar share aja, kalau bermanfaat ya Alhamdulillah

Tentang e-one

kurang tahu, kurang pengalaman. Rasa Penasaran buat seseorang menjadi lebih... Hidup tidak hanya satu kali berbagilah ilmu yang kau miliki.
Pos ini dipublikasikan di komputer dan tag , , . Tandai permalink.

87 Balasan ke PENYEBAB PointBlank (PB) LAG

  1. eza berkata:

    modem yang bagus pa ya…???apa karena modem dr speedy yg gratis ya….

    • iwan berkata:

      modem yang bagus selama ini saya pakai linksys, tplink. modem putih (sanex, jte) bawaan telkom menurut saya kurang. tapi saya nemu juga modem telkom yang bagus, JTE yang ada wirelesnya.
      tapi tetap semua modem harus dipasangin kipas tambahan, karena kalau gak dipasangin kipas tambahan modem apa aja yang dipake bakalan sama aja karena kepanasan.

  2. reza berkata:

    GAN.
    komputer gw udah pake spek spt yg diatas. yakni : core 2 duo, vga 512 Mb, ram 1 GB.
    trus gw pake paket speedy 2MB untuk 10 kom, tp kok masih tetap lag..
    smua virus udah gw matii pake smadav pro ma avast
    emang tuh trakhir di instal ulang sktar 6-7 bulan lewat.
    apa mang perlu dinstal ulang lagi.

    mohon pencerahan dari agan..
    apa ada cara ngatasi selain harus instal ulang … please…

    • e-one berkata:

      wew…. speedy 2mb tuh untuk main pb 16 komputer aja masih lancar bos harusnya (kalau PB semua).
      coba main satu komputer aja bos, masih lag apa ngga. kalau satu aja lag bisa jadi komputernya dah teralu berat kerjanya karena banyak virus
      pake yang free aja antivirusnya, gak perlu yang berbayar ampuhnya sama kok.
      yang aku pakai AVG free + smadav free 8.7 (dah hampir 6 bulan juga, masih aman aja tapi smadav diupdate)

      coba cara ini bos sebelum install ulang
      1. pastikan tidak ada komputer yang updatenya jalan (lebih aman matikan ja komputer yang lain, hidupkan satu aja yang mau dicoba)
      2. pastikan gak ada virus yang aktif scan system pakai smadav 8.7 dan avastnya (kalau bersih lanjutkan)
      3. coba mainkan PBnya masih lag gak,
      kalau ping merah pasti masalah koneksi (mungkin updatenya windows, antivirus, java, adobe, atau yang lain aktif)
      kalau ping hijau tapi masih lag patah2 (terlalu patah, seperti hang) mungkin virus

      **kalau masalah virus, hati2 saat install ulang windowsnya. jangan akses ke D:\ kalau belum ada antivirus.

      mungkin itu dulu.. bos ^_^ cobalah

      • Tomi Johandinata berkata:

        GAN.
        komputer gw udah pake spek spt yg diatas. yakni :dual core vga standart, ram standart.
        trus gw pake paket speedy 1MB untuk 1 kom, tp kok masih tetap lag..

      • wong jowo berkata:

        gan spek gwa lebih bagus dari pada itu
        Ram 0KB DDR3
        Vga intel hd graphics 5500 0,30KB
        HDD 0B
        Paket Speedy TP Link 200GB 100MB/S
        Pb Lancar, Bener gan

  3. adit berkata:

    gan gw maen pb di laptop ni, nah lepi gw spec.nya hdd 640 hdd,2 gb ram,1 gb vga n-vidia g force 540 M . . . gw pke modem smart 199rb ,pertama pemakain lancar2 aja gan tapi dapet 3 bulanan uda mulai ngelag bgt di buat maen PB sampe skrang,nah gw binggung neh skrang lepi gw yg kena masalah apa sinyalnya yg bkin ngelag padahal sinyalnya stabil wktu di buat maen PB … plis solusinya gan !!!

    • e-one berkata:

      coba download ke server lokal gan.. masih kenceng gak?

      bisa jadi masa promosinya abis, atau kondisi jaringan (bukan sinyal) sedang full traffic

      • alvin berkata:

        hahah itu karena paket promo smart cuma 3-4 bulan sob memang gitu tu smart, saya sudh mengalaminya

  4. Donstera berkata:

    Wah saya begini juga mas kejadiannya, udah semua tips trik dari google sudah saya penuhi tpi tetep saja terjadi lag mas @_@ …

    • e-one berkata:

      mungkin bisa bantu dengan memberi informasi yang lebih jelas.. kalau dilihat dari masalahnya sih ya… sepertinya cukup asal masalahnya ditangani

  5. riky berkata:

    mmas napaya pb di warnet gue kalau lagi main trus ada yg ngekik orang sedang bermain ntu game jadi lelet gerakan jadi lambat setelah proses kik 10 detik baru ntu game normal. pokoknya game lelet kalau ada yg dikik dari room jika game sedang war. pliss pencerahannya
    plis email gue di rifkizamzani@yahoo.com

  6. ramly syahputra berkata:

    kalo menurut dari pengalaman warnet saya, tuh karena vga nya kurang mas,
    mungkin mas bsa tambahin vga card nya yang 1 giga aja langsung,,,
    tu berdasarkan pengalaman saya, mungkin ada master yang lebih mengerti dari saya yang bisa nambahin ….

  7. putri berkata:

    Mas pc gwe amd athlon ram 2 gb VGA onboard,,pas main game nge lag bngt sdgkan buka youtube/browsing lancar” aj.ada apa ni ya..pdhal pket 1 mb untuk 8 PC misal 1 pc aja yg browsing lngsung aja game online nya nge lag..

  8. e-one berkata:

    @riki & @vario96
    bener juga kok kata ramly vga card berbengaruh juga, makin besar makin bagus.. yang jelas kalau spek komputer kita masih mendekati minimalis. grafis gamenya diturunkan aja, misalnya dengan menghilangkan phisical efect nya.

  9. e-one berkata:

    @putri itu masalahnya jelas ^_^ saat ada yang browsing jadi lag. aktivitas browsing itu mendominasi penggunaan bandwith apalagi streaming, seberapa bandwith yang dipunya itu yang “dimakan”.. sedangkan game online hanya menggunakan bandwith seperlunya saja, kecuali sedang patching. solusinya ya dipasang bandwith limiter.

  10. pengguna program PI berkata:

    PB bangsat !!!! setelah gue kena maintenace mndadak laptop gue jadi lag klo VK brjalan pdhl VGA gue 1G RAM 2G. bner2 PB indo CCD abiZZZZZZzzzzzz

    • e-one berkata:

      😀 enjoy the game aja.

      kayaknya masih ada bug di VK nya.. gak cuma satu dua orang yang jadi lag saat ada VK.

  11. e-one berkata:

    Reblogged this on Berbagi Kepada INdonesia, kalau bisa dunia and commented:

    ?

  12. hendri berkata:

    kebanyakan abang-abang none-none kalo lagi vote pb nya lag,kalo g salah 3/4 bulan yg lewat lag vote pb.ni ada solusi buat kawan hobi pb coba [mainkan game yg hampir sama dengan pointbalnk] tidak usah pakai internet seperti conterstrik,kalo memang ngadad main conter berarti perangkat com anda bermasalah coba vga nya,jika bagus/normal/lancar main 2 masalahnya internetnya,atau dari pointblank nya yg bermasalah.siapa tau tu.di coba aja mana yg baik dan terbaik,semoga bisa bermanfaat.ok.

  13. muhto berkata:

    gan pc gw bagus bagus aj tapi kok pas vk muncul langsung lag parah mohon dibalas dan dikasih solusiny

  14. randy berkata:

    kok aqw mw maen PB g bs PLAY? cuma sedang mempersiapkan game terus… pdhal sinyal modemq full gan.. gmn nih?

    • e-one berkata:

      sinyal modem full belum tentu jaringan internetnya kenceng gan. coba ping ke server lokal contoh.. start > run > cmd > lalu ketik “ping detik.com” tanpa tanda petik. kalau reply bagus… berarti lancar. tapi kalau hasil ping berantakan bisa jadi pemakaian internet berlebihan.

  15. alde berkata:

    mas maaf numpang nannya
    spek komputer saya :
    1. VGA 1GB
    2. RAM 2GB
    3. koneksi 521kbps(sendiri)
    4. windows XP 32bit
    5. prosesor AMD Atlon 2
    Tapi main PB masih ada patah2 apalagi jadi RM(Room Master)
    apalagi yg kurang mas mohon pencerahannya..
    1lagi biat pink tuh normal ga naik turun MS nya gmn ya mas?

    newbie ^^

    • e-one berkata:

      AMD athlon 2, brapa ghz? processor pengaruh juga , aku coba yang 2.3 ghz tanpa VGA walau RAM 2gb , tetep lag. setelah diberi vga 1 giga lumayan lancar. tetapi memang masih tetap bisa lag kalau masuk pasar yang ramai atau jadi RM (uploadnya kecil) . coba test uploadnya dapet berapa di http://speedtest.cbn.net.id/ .

      oya.. untuk ping, ping itu fungsinya untuk mengecek latency (koneksi) jaringan dengan pengiriman paket kecil2 secara continue. kalau ngeceknya bebarengan dengan brosing atau download.. ya jelas pingnya akan kacau ^_^ karena bukan paket kecil2 tadi aja yang dikirim tetapi request browsing itu juga akhirnya packet kecil2 tadi di antrikan.

      trims.

  16. azis berkata:

    mas,, knapa ya waktu ada vote kick kok selalu ngelag????

  17. Gan kenapa akhir-akhir (05-12-2012) ini maen Pb ngelag (macet) terus gak bisa di reset atau di restar di server padahal minggu kemarin oke-oke aja seblum update yang minggu sekarang! (processor amd sepron, ram 2gb, vga 512, monitor lcd 15′}

  18. Ekoo Pekok berkata:

    gan spec comp gue INTEL ATOM CPU N550 @1.5GHZ(4CPUs) RAM 2G 512VGA,Dual Core,,,modem max 3,1mbps,,ping hijau penuh,,,LAG banged ketika dalam room anggotanya lebih dari 5,,mohon pencerahan gan,,thankz

  19. boynet berkata:

    om om….semua yg saya hormati saya mau beri tahu klian semua memang ahir2 tahun 2012 ini PB TAMBAH LAGH itu bkan dari kesalahan warnet kita tapi memang dari server PB nya yg sudah parah error nya ya bnyak penyebab nya ya salah satu gara2 program ilegal itu..warnet kita ga masalh apalgi yg sudah dia atas standar COMPUTER nya aku lihat di atas itu teman2.. kecuali warnet yg tidak menggunakan VGA ya wajar pb MEMANG ga mau klo ga ada vga card nya minimal 256 asalkan vga card tambahan.. bkan on board,onboard mau vga 1 giga juga pasti masih lagh PB nya itu sudah saya buktikan karana saya maniac bner sam game yg 1 ini da hafal bner apa maslah2 nya.jadi buat teman seprofesi semua nya kesalahan lagh itu bkan dari kita tapi dari server PB nya yg ga di urus sama GM nya kan selam ini PB baik2 aja ga lagh.jadi semakin lama umur nya PB akan semakin lagh game nya.

  20. Iwank Ipoel berkata:

    salam…
    mau nanya nie,apa spek pc
    proce pentium (R) D 2,66 Ghz
    ram 1 gb
    vga 1gb 128 bit
    uda bagus tuk main pb,krna ko tiap kali masuk room ko lama baru bisa main dan pas main biasanya tersendat2 mgkin bhasa trend’a patah2 ya,hehee…. (bkan lag ya)ping full, jaringan 1M unlimited speedy ,ping ke dns bgus dpat 60-68 paling naik ngga seberapa….itu kira2 yg bermslah apanya ya….
    atas jawabannya sy ucapkan banyak terima kasih….

  21. ippo berkata:

    salam…
    mau nanya nie,apa spek pc
    proce pentium (R) D 2,66 Ghz
    ram 1 gb
    vga 1gb 128 bit
    uda bagus tuk main pb,krna ko tiap kali masuk room ko lama baru bisa main dan pas main biasanya tersendat2 mgkin bhasa trend’a patah2 ya,hehee…. (bkan lag ya)ping full, jaringan 1M unlimited speedy ,ping ke dns bgus dpat 60-68 paling naik ngga seberapa….itu kira2 yg bermslah apanya ya….
    atas jawabannya sy ucapkan banyak terima kasih….

  22. ferdy berkata:

    om knapa yakomputer saya lag, padahal VGA udh 512, RAM 2GB tapi masih lag….
    tapi kemaren kemaren normal aja, malah gk lag sama sekali, lag nya itu tiba tiba…… knapa ya
    mohon solusinya…..

  23. Ridho berkata:

    selamat siang mas,.. mohon infonya yaaa ?
    ngapa yaa main PB saya gk bisa play ? pdahal udah masuk ke game nya n udh masuk ke room ,.. N skli udh di tekan start cman ada tulisan ”sedang proses bermain” tpi kita gk bsa main, n nunggu teruuuus ,dan karakter gak timbul2 ,.. apalah penyebabnya mas ?
    cman itu jak masalahnya mas,.. gk bsa masuk play gamenya,.. (masuk perangnya) n (main)
    mohon bantuannya yaa mas,..
    terima kasih banyak seetidaknya anda mau membantu saya🙂

  24. mumun berkata:

    klo aq men pb lancar2 aja klo max 4 vs 4 , klo lebih contohnya 8vs8 jd the lagger dah..

  25. 89jjjeeennn berkata:

    gan ,ne gua dedi dari medan……gua mw nanya,net gua klo maen pb,sinyal naek turun,kadang hijau,kadang lompat merah,contoh nya:sinyal kadang 5garis ,kadang3,jd klo gua dah mati mis nya lg maen kan…….orng nonton char gua patah2 gan…….bisa minta solusi nya gan???????

  26. Eko berkata:

    gw mau nanya gan… knapa warnet gw ngelet kalo main PB
    sedang kan spek kom gw

    Core i3
    ram 4 GB
    VGA 1 GB
    Spedy 4 MB
    gw pake windows 7 32 bit

    client 16

    tapi masih juga ping masih naik turun…

    ada solusi ngak gan…

    • e-one berkata:

      gan.. spek komputer nt gak ada kurangnya. pasti kalau lag bukan karena resource yang kurang memadai. kemungkinan virus, atau internetnya rebutan

      • eko berkata:

        makasih atas penjelasannya boss

        tapi warnet saya make proxi untuk pembagian bandwidth nya boss…

  27. e-one berkata:

    @eko . proxy hanya “mempercepat” hasil request browsing dan download. sedangkan router yang membagi bandwith secara rata. tergantung kondisi juga. coba main sendirian..tanpa ada yang browsing atau update apapun.
    trims

  28. Ali berkata:

    bro.. kalo ane aneh banget..
    awalnya berapa bulan lalu tuh ane main enak banget gk ngelag sama sekali..
    smpe yang di warnet aja kalah sama ane. cuma baru-baru ini ane main lagi trus koq malah ngelagg yaa ?
    internet ane speedy, otomatis gk ada gangguan internet dong.
    spek komputer cukup…
    itu masalahnya dimana yaa ?
    thx

  29. narya berkata:

    saya ngecek ke detik com . time nya alncar beraturan tp kadang ad time out . itu knpa ya gan
    Balas

  30. RiefQy berkata:

    hadeeeeh… Komputer co 2 duo Vga 1 GB ram 1 gb….Tapi Kalo udah star Pb atau keluar dari room lamanya minta ampun..seringnya koneksi bermasalah..kenapa tuh..sinyal pake TP link.Buat yOU TUBE LANCAR..
    mohon solusinya oM🙂

    • e-one berkata:

      lama loadingnya ram minta tambah 2gb minimal.
      koneksi bermasalah lihat pingnya
      cmd terus “ping detik.com -t” tanpa petik lihat hasilnya… stabil gak

  31. Anugrah Bin Al Hussein berkata:

    Gan, ane mau tanya nih, setiap ane main PB pasti ngelag, kalau udah main, pertama2 lancar, tp 5 menit kemudian lag banget..

    Spek laptop saya

    1. VGA : 813 MB
    2. RAM 2GB
    3. koneksi : 100.0 Mbps (Speedy)
    4. windows : 7
    5. prosesor : Intel Core TM i3-2330M

    Please tolong di bantu, ane udah nyerah deh, ane selalu pasra kalau lag, gak ada jalan keluarnya, Please

  32. emangnya harus pake vga ya

    • e-one berkata:

      tidak harus vga kartu, onboard juga bisa

      • liona berkata:

        gan sya mo ty knp warnet sya skrng sering leg y
        speck kom :
        1. core 2 duo / 2 core = 2,30ghz/3,00ghz
        2. ram = 2gb
        3. vga = 1 gb
        4. jaringan speedy 2 mpbs
        5. pemakaian komputer semua y 7pc
        6. windows xp 2 leonpard xp

        saat main pb lancar v saat da yg buka youtube jd leg y
        mohon solosi y gan ….
        trm ksh ???????

  33. Dj mcQueen berkata:

    gan kalau gua kan gini misalnya sya lgi maen pb di laptop ane trus ntar 5 menit lebih ntar keluar sendiri tuh gimana gan modem ane esia max-d

  34. syahrul berkata:

    mas kalo gua PB lancar jaya gk ngelag, spek komputer d atas standar, koneksi reply mulus tp ping di PB selalu merah,
    punya solusi mas biar ping nya hijau full bar???

  35. guns8slinger berkata:

    kenapa PB indonesia leg main yng versi russia lancar2 aja…?????

  36. rizky berkata:

    mas saya mau nanya.setipa main pb pc ane patah patah.
    proce pentium (R) D 1.86ghz
    RAm 2gb
    VGA 2.66 gb
    jarinagan bagus tp knp masih patah2……
    jariangan bagus dns stabil
    kira-kira apa penyebab lag mas tolong kasih tau…..

  37. Arif berkata:

    Knapa klo main ngelag banget ya? Padahal kalo buka youtube, browsing dll full speed. Mohon solusinya

  38. spec komputer :
    6x si core amd fx 6100
    ram 8 gb
    vga 1 gb
    pokoknya spec baik
    modemnya juga stabil tapi kok masih tetap ngeleg ya ???

  39. wawan berkata:

    misi mas mau nanya, kok warnet saya sering sekali sedang mempersiapkan games terus ya kalo lagi mau main koneksi saya 6 MB untuk 12 komputer, speknya AMD A4-5300 apu, ramnya 2 GB, windowsnya mini XP, saya make microtik mas untuk pembagian bandwitdh, gimana solusinya mas, makasih🙂

  40. Agan agan …. bantuin permaslahan aku…ini nin masalah nya…
    aku maen PB koneksi ama speck kompi udah Good….
    pas maen PB pas nembak musuh ko 4x nembak ga mati2 musuh nya…padahal koneksi udah stabil no leg….aku nembak msuuh tuh keliatan sama org ga nembak….

    tolong bantuannya agan agna…

  41. Arif berkata:

    maaf gan mau sdikit tanya.. patah patah ping naek turun penyebabnya apa..
    sedangkan sy pake hanya untuk 1 PC :
    – speedy 1MB
    Ping 10 Ms
    Down Sped 1.3MB
    Upload : 200 KBps
    – proc: AMD A5300
    – MB : ECS
    – VGA : Nvidia GT630 2GB
    – RAM : 4GB
    – Windows XP 32 Bit SP 3
    mohon di bantu gan untuk solusinya…

  42. adhie berkata:

    mas tolong solusinya y
    saya punya komputer di rumah
    specx
    -processor intel (R) pentium (R) 4
    CPU 2,80GHz
    -RAM 2GB
    -VGA ati radeon 512mb
    -hardisk 5GB
    -windows 7 ultimate
    -sytem 32 bit
    -saya pakai jaringan modem mobini karTU xl bukan speedy mainx gak mulus tapi pingx bagus aja TAPi mainx sangkut” kenapa ya mas tolong pencerahanx.. makasi

  43. habib berkata:

    gan gua update pb tiba2 laptop mati sendiri kenapa tuh?

  44. Wanz Hendriawan berkata:

    maaf Gan mau nanya nich,,,,saya pnya pc 8,,,yg satu bermasalah nich,,
    habis d instal ulang,pas kabel lan d colokin ke pc kok yg lain jd leg,,,knp ea gan,,,,??
    padahal sebelum d instal g apa”,,,kira” penyebabnya apa ya gan,,???trus apa yg harus saya lakukan???

  45. Dhimas berkata:

    Maaf Boleh Nayak Gan, Pux Gue Kalau Di Vote Kick Jalanx Jadi Leg2kan Tolong Kasih Solusix Gan

  46. Syamsuddin berkata:

    Gan di warnet ane game PB nya gak bisa main di room SG..
    selain itu bisa gan.
    Butuh Solusinya gan.. ??
    Mkasih.

  47. al mizan berkata:

    Gan mau nanya , wifi rumah yang bagus untuk main Pb apa yaa?

    Saran nya mas ….

  48. dimas berkata:

    gan apa 3 mbps 8 ping kuat untuk main pb

  49. anditaris berkata:

    mau tanyak mas apakah saat main pb mengunakan jaringan wifi memang lag
    apakah kalo jaringan langsung nyambung dr modem speedy ke pc pake kabel akan lancar
    soalnya ane maen pake wifi lag mas mau nyobak kabel aja tp masih ragu

    • e-one berkata:

      wifi kecepatannya banyak gangguan, banyak interferensi. kalau kabel aman.
      banyak faktor pendukung lainnya juga, kalau mau ngetes, pastikan tidak ada user lain yang menggunakan

  50. wahyu berkata:

    Gan ane pake intel core2duo 2,4ghz,ram 2gb,vga nbidia geforce 210 1gb.kalo setting high semua kok kadang ngadet yaa?apa vganya kurang atau ramnya?
    Trimakasih

  51. Alfi Achfian berkata:

    gan saya main di pb di laptop. klo maen nya cuma atau room nya cuma 4-8 masih lancar tapi klo udah penuh lpas ketemu lawan langsung lag.. apanya ya?/

  52. reza berkata:

    Gan mau nanya tolong jwbannya ya
    Saya main pb kalo 4vs4 itu lancar bgt enak mainnya tapi kalo room penuh 8vs8 itu mainnya jadi ga enak sprti lag pdhl sinyal full bar.
    Trimakasih

  53. reza berkata:

    Gan saya mau nanya

  54. Bagas EP berkata:

    gan ane spek laptop processor amd fx 7600,ram 4gb,vga radeon r7 lag fps nya.ada solusi kah?

    • orang kaya berkata:

      Bodoh,
      Ram Gw 32GB DDR4
      HDD 1TB
      VGA 2 GB
      Daftar speedy 100mb/s paket 300GB
      OS Windows 10 Pro X64
      Processor Core AMD A8 6600K 4.2 GhZ
      Resolusi 3000×2000 P
      Bisa putar video 2160p
      Bisa ngedit video 4K
      Camera WebCam 20 MP

  55. riza maroon berkata:

    gan warnet ane spek amd a6 6400 ram 4gb, vga 1gb hardisk 320, jaringan pakek 6mb untuk 10 kom. tapi masih ngelek juga. padahal spek udah di atas rata2. koneksi bar 3,4 untuk PB. tapi masih ngelek klw main PB. kira2 penyebabnya apa ya gan…?? mohon bantuannya

Tinggalkan Balasan

