memperbaiki canon ip series yang terlalu banyak menarik kertas

pernahkah printer canon anda menarik kertas tidak beraturan? kadang satu lembar seringnya berlembar2 lembar sehingga mengakibatkan kertas tersangkut di dalam printer.
printer canon ip 1300 dan canon ip 1700 saya pernah mengalami hal seperti itu. jika dipasang satu kertas saja printer hanya melewatkan kertas tanpa mencetak apa-apa, jika dipasang berlembar2 maka yang tertarik bisa sampai sepuluh lembar sekali tarik.
saya penasaran sekali apa yang terjadi pada printer saya ini, maka saya bongkar printer tersebut dan saya teliti, perhatikan sampai lama banget cuma duduk memperhatikan printer mencari2 kejanggalan pada printer itu. akhirnya ketemu juga, ada yang patah pada salah satu ujung roll penahan kertasnya (roll yang berfungsi untuk mengatur supaya kertas bisa tertarik satu persatu) karena salah satu ujungnya patah, maka penarikan kertasnya jadi tidak stabil. lalu otak mulai berfikir bagaimana cara untuk ngakalin ujung yang patah tersebut (kalau beli atau mengkanibal roll dari printer lain bakalan lama nemuin penggantinya).
akhirnya saya lubangi ujung yang patah dan penyanggahnya saya ganti dengan baut kecil (sekrup)

. akhirnya roll bisa stabil kembali dan penarikan kertas pun kembali normal lagi.
penyebabnya bisa patah karena apa juga saya belum tahu, mungkin printer terlalu sering kehabisan kertas, jadinya rollnya terhentak terlalu keras?!?! maybe.

ada lagi, untuk membongkar printer ternyata ada petunjuknya juga. jika dilihat di bagian bawah printer akan ada beberapa tanda panah yang menunjukkan tempat kita harus mencongkel printer supaya cover printer bisa kita buka dan kita bisa melihat dalemannya.sebelum mencongkel printer, baut2nya harus dilepas dulu.

Tentang e-one

kurang tahu, kurang pengalaman. Rasa Penasaran buat seseorang menjadi lebih... Hidup tidak hanya satu kali berbagilah ilmu yang kau miliki.
Pos ini dipublikasikan di komputer dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke memperbaiki canon ip series yang terlalu banyak menarik kertas

  1. fadixz berkata:

    benar tu wan…, aku sering ketemu masalah seperti itu di printer series canon. yang paling pusing tuh kalau minta di reset ulang.
    Insya Allah sekarang udah pake Canon MX328, lumayan jarang errornya.

  2. iwan berkata:

    wew… mantap tu dill mx nya

    btw.. bisa sampe sini juga dil, berenang yah dari sana? ๐Ÿ˜€

  3. iwan berkata:

    ๐Ÿ™‚

  4. Ping balik: memperbaiki printer canon pixma ip1700 patah roller | FATHAN.COM

Tinggalkan komentar